Selasa, 07 Januari 2020

Peran Rumah Tangga Pemerintah

Rumah tangga pemerintah merupakan salah satu pelaku ekonomi, pemerintah memiliki 3 peran penting yakni sebagai regulator, konsumen, & produsen.
 Rumah tangga pemerintah merupakan salah satu pelaku ekonomi Peran Rumah Tangga Pemerintah
a. Pengaturan/Regulator dalam Perekonomian
Pemerintah berperan sebagai pengatur/regulator dalam perekonomian suatu negera. Perekonomian haruslah diatur sehingga perekonomian bisa menyejahterakan masyarakat secara adil & merata. Regulasi & aturan yang dibuat pemerintah antara lain berupa pemberian subsidi pada perusahaan dalam negeri sehingga dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Peran lain pemerintah adalah menentukan besarnya pajak, dengan adanya aturan tentang pajak progresif, orang yang kaya dipungut pajak yang tinggi, orang yang miskin dipungut pajak yang rendah.

Pemerintah memiliki kewenangan memberi izin pendirian suatu badan usaha, dan itu merupakan salah satu peran pemerintah sebagai regulator/pengatur.

b. Konsumen
Rumah tangga pemerintah juga memiliki peran sebagai konsumen seperti halnya rumah tangga keluarga/konsumen. Dalam menjalankan kegunaannya sebagai pengatur, pemerintah membutuhkan sarana & prasarana penunjang, yang dibeli dari rumah tangga perusahaan atau produsen.

c. Produsen
Pemerintah juga berperan sebagai produsen, pemerintah dalam menjalankan perannya sebagai produsen, memproduksi barang/jasa.